Pengaspalan Ulang Sirkuit Mandalika Dipastikan Rampung Pekan ini

- Rabu, 9 Maret 2022 | 13:00 WIB
Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)
Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB. (ANTARA FOTO/Andika Wahyu)

Pengaspalan ulang Sirkuit Pertamina Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) untuk gelaran MotoGP 2022 dipastikan rampung pekan ini. 

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Direktur Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Cahyadi Wanda dalam keterangan resmi, Selasa (8/3/2022).

"Tergantung cuaca. Memang kami menargetkan selesai pada 10 Maret. Tapi kalau secara timeline kami bisa menyelesaikan hari ini. Semoga cuaca bersahabat," kata Cahyadi, Selasa (8/3/2022) dikutip dari Antara.

"Kalaupun tidak hari ini, target kami masih ada beberapa hari lagi jauh dari tenggat yang ditetapkan. Jadi secara prosedur masih aman," tambahnya.

Selain pengaspalan ulang, dia juga menegaskan semua persiapan termasuk pembangunan grand stand untuk penonton akan selesai tepat waktu. 

Baca Juga: Jelang MotoGP Mandalika, 20 Pebalap Dunia akan Parade di Jakarta

MGPA terus berupaya mempersiapkan agar balapan MotoGP Indonesia yang akan bergulir pada 18-20 Maret itu berjalan lancar. Selama memperbaiki Sirkuit Mandalika, Cahyadi menandaskan pihaknya selalu berkomunikasi dengan Dorna Sports dan FIM.

Terkait pengaspalan ulang, sebelumnya Dorna Sports yang memegang hak komersial MotoGP dan FIM yang menjadi regulator balap mewajibkan sebagian lintasan Sirkuit Mandalika diaspal ulang menyusul hasil evaluasi tes pramusim MotoGP pada 11-13 Februari.

Selama 3 hari tes pramusim, para pebalap mendapati aspal di sebagian lintasan mengelupas dan permukaan trek yang kotor dan berdebu, bahkan banyak batu-batu kecil di lintasan.

Dorna dan FIM mengidentifikasi 2 area yang perlu diperbaiki, yaitu kebersihan permukaan trek dan banyaknya agregat, seperti pasir, debu dan kerikil atau pecahan batu, yang berada di atas lintasan.

Kemudian, merekomendasikan aspal ulang terhadap sejumlah bagian lintasan sebelum tikungan 17 hingga setelah tikungan 5, atau sekitar 17,5 persen dari total lintasan.

Artikel Menarik Lainnya:

Editor: Administrator

Tags

Rekomendasi

Terkini

X